Iklan

Honda K56-2 aka Blade 150R…. Membidik Segmen Unik Dengan Diferensiasi Produk… Bisa Jadi Berhasil atau Malah Berlebihan !!

Honda K56-20

Pembaca sekalian, mendekati akhir tahun 2015… rumor kedatangan Honda K56 kembali santer beredar. Produk yang diproyeksikan sebagai pendamping Honda Sonic 150R ini akan mengusung target yang sama untuk mengisi line-up yang dianggap honda tidak memiliki lawan. Setelah cukup berpengaruh menggeser market share Suzuki Satria FU150 kini honda memperlebar sayapnya untuk menjamah segmen yang lain.

Jika pada segmen underbone ayam jago, terdapat Satria FU sebagai kompetitor maka pada segmen bebek underbone terdapat Yamaha MX King 150. Nah ini yang akan digarap honda sebagi pesaing sejenis dari MX King 150. Yamaha diketahui lebih dahulu meluncurkan MX King 150 ketimbang Sonic 150R. Namun pada dasarnya Yamaha hanya mencari diferensiasi kelebihan produk sebagai faktor keuntungan dalam hal ini secara ergonomi bebek super lebih nyaman ketimbang model ayam jago.

Hal itulah yang mendasari Honda K56 diciptakan. Dari pantauan FN via rekan blogger warungasep meluncurkan sketsa sebuah produk yang FN disinyalir adalah tampang Honda K56 akan Blade 150. Baru-baru ini bahkan santer informasi adanya penambahan kode menjadi Honda K56-20, belum jelas apa yang dimaksud dengan angka 20 dibelakangnya.. yah buat PR lah buat FN dan pembaca semua.

Yang paling mengesankan menurut informasi yang FN peroleh dari produk Honda K56-20 kali adalah ukuran garpu depan yang disebut-sebut mengaplikasikan inner tube dengan diameter yang lebih besar dari ukuran kelas bebek pada umumnya. Jika inner tube berukuran lebih besar maka jarak antara suspensi samping kiri dan kanan dibagian depan lebih lebar ketimbang jarak suspensi depan motor bebek pada umumnya. Kelebihan yang menjadi keuntungan desain model seperti ini mirip dengan Yamaha NMAX. Meskipun tidak mengusung suspensi ‘terusan’ macam ayago namun secara kenyamana tidak kalah nyaman dan stabil. Fungsi meredam getaran di bagian kemudi pun bisa diminimalisir dengan suspensi model seperti itu.

Selain itu… headlamp ala Blade seperti nya masih dipertahankan. Model headlamp dibuat seperti motor matic yaitu berada di bagian body depan, bukan ditempatkan di batok depan seperti MX King. Dimensi headlamp pun dibuat cukup besar mirip dengan dimensi headlamp tunggal CBR 150 atau CBR 250. Tentu saja poin ini menjadi faktor pembeda antara Honda K56-20 dan MX King 150R selain faktor mesin yang kabarnya akan sama2 DOHC seperti Sonic 150R.

Kemunculan Honda K56-20 berkaitan erat dengan ambisi honda bermain pada segmen yang sama seperti yang dimainkan oleh semua kompetitornya. Kok yo murko tenan honda?? Bagi FN tidak begitu tujuannya. Jika kebanyakan atpm lebih menjadi diferensiasi dari produknya agar tidak berbenturan dengan lawannya maka honda sebaliknya… bersaing head to head dianggap sah-sah saja untuk meluncurkan banyak produk… toh konsumen tinggal memilih yang mana yang pas sesuai keinginan. Bagi FN sendiri sih…. segmentasi yang dibangun MX King tak serta merta bisa digeser oleh gacoan baru honda… hal ini dikarenakan keberadaan MX King mirip dengan Satria FU… dimana konsumennya bersifat segmented. Yang beli ya yang memang demen dengan MX King… atau Satria FU150…. yah tinggal tunggu tanggal mainnya. (~FN)

==============

Contact Person :
Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : http://www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog

_________________

Related Post :

 

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on November 13, 2015, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. apa mungkin jadi Supra series ya mas…hehehe…
    penasaran jadi kayak yak apa ni motor

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: