Iklan

First Ride Honda CB650F……. Akselerasi Galak Dengan Penyaluran Tenaga Yang Smooth !! [Photo Gallery]

Black warna Dark 2

Body bongsornya tak menjadikan orang mengira bahwa motor yang satu ini adalah jajaran big bike Honda Indonesia. Hal ini dikarenakan secara desain keseluruhan Honda CB650F lebih berkarakter low profile ketimbang produk yang lainnya bahkan dengan versi sport nya sekalipun. Namun semua yang memandang akan terkesima dengan karakter berotot dari desain mesin yang kekar ini.

Pertama kali ini melihat wah dari produk ini hanyalah karena output power Honda CB650F yang disalurkan dari 4 pipa knalpot segaris yang begitu mempesona. Ke 4 saluran buang ini disatukan dalam satu chamber catalyc converter yang membuat gas buang dari big bike honda ini menjadi ramah lingkungan. Bagaimana dengan suaranya? Hmmm….. bikin nyamar brosis.

Saat rpm dalam kondisi idle maka kesannya biasanya namun saat di blayer….. wuing…..wuing…brum…brum maka kita pun yang mendengarkan bakal langsung kepincut untuk sesegera mungkin mencoba menggeber CB650F. Tak banyak yang bisa FN sebutkan…. secara ini menjadi pengalaman pertama diatas motor 650cc. Didesain dengan model Naked Bike, Honda CB650F tak ubahnya dengan CB150R Streetfire secara keseluruhan…. bahkan jika disejajarkan maka CB150R bisa jadi lebih keren secara desain. Begitu juga dengan perangkat kelistrikannya…

Lampu utama, sein, stop lamp masih menggunakan model bohlam. Namun tak mengurangi sisi elegan produk yang satu ini. Headlamp dan tail lamp begitu terkesan seperti motor-motor berkapasitas cc kecil, namun kesemua body jelas berdimensi lebih gambot sesuai dengan ukuran motor besar. Tangki berkapasitas 17 liter tentunya menjadi amunisi yang cukup hemat saat digunakan perjalanan jauh.. apalagi dibekali sistem injeksi PGM-FI.

CB650F_Engine

Secara performa, meskipun mampu menghasilkan torsi 63 Nm di rpm 8000an…. namun karakter akselerasi cukup smooth saat diajak pelan.. sekali geber sedikit saja dah jalan cukup jauh nih motor tanpa perlu susah buka gas lebih dalam… yaiyalah wong moge… namun serius nih sebagai pemula pun FN gak seberapa kaget… yang penting jangan buka gas spontan aja… bisa-bisa jungkir balik. Berkapasiyas mesin 649cc, CB650F berkarakter mesin overbore dengan perbandingan bore x stroke 67mm berbanding 46mm. Seperti kebanyakan big bike…. kompresi sudah menyentuh 11.4 : 1, wajib nenggak oktan 95 nih untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal. Dibekali sistem pendingin radiator, mesin CB650F bertipe DOHC inline 4 dengan jumlah klep 16 buah. Powernya cukup galak nih…. 64 kW dihasilkan di rpm tinggi sekitar 11 ribuan.

Secara ergonomi, meskipun mengusung model naked bike sekali lagi secara ergonomi hampir sama antara CB650F dengan New CB150R. Masih mengakomodir kebutuhan jalan jauh meskipun sedikit semi membungkuk, mungkin ini juga dipengaruhi faktor tinggi badan FN yang hanya 170cm. Sedangkan model big bike honda semua menyesuaikan dengan postur tubuh eropa dan amerika. Speedometer sudah mengadopsi full digital…. dengan terpisah menjadi 2 bagian. Bagian kiri rpm meter dan speedometer…. bagian kanan fuel meter, ABS indikator dan lainnya.

CB650F ABS

Sistem pengereman pun terbilang mantab… dibekali ABS akan menjadi perangkat yang mendukung keamanan berkendara apalagi bagi pemula seperti FN. Begitu juga dengan sistem suspensi, model suspensi depan memang menggunakan model konvensional layaknya motor lain… tidak ada upside down. Namun cukup mumpuni melibas jalanan bumpy tanpa merasakan getaran berlebih… hal ini juga didukung dengan suspensi belakang yang cukup lembut dan juga kombinasi ban gambot 120/70 depan dan 180/55 belakang yang keduanya menggunakan rin velg 17. Sayangnya test ride kali ini hanya sebatas putar-putar saja….. belum mengeksplore lebih jauh performa galak dari Honda CB650F… yah itung-itung permulaan dan pemanasan sebagai pengalaman dalam menyesuaikan diri menunggang big bike. (~FN)

All Pictures :

==============

Contact Person :
Invite BBM : 794C91C4
FB : http://www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
Email : fncounter.blog@gmail.com

_________________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Oktober 6, 2015, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Pasti panas bgt ya hembusan hawanya

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: