Iklan

Rossi-Lorenzo Sepakat Uji Coba Winglets Yamaha M1 Tidak Memberikan Perbedaan Signifikan !!

Rossi Yamaha M1 Winglet 1

Rangkaian latihan bebas dan kualifikasi GP San Marino yang akan digelar minggu besok dijadikan oleh beberapa pabrikan untuk mencoba beberapa langkah pengembangan motor mereka untuk mempersiapkan musim 2016 mendatang yang bakal lebih ketat dalam persaingan menuju tangga juara. Selain marquez yang mencoba swingarm anyar di RC213V nya, Yamaha juga mencoba beberapa hal baru untuk meningkatkan kestabilan Yamaha M1… salah satu yang tertangkap kamera adalah winglets untuk Yamaha M1 Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Dalam pengembangan Yamaha M1 yang fn ketaui, tidak pernah terlihat Yamaha M1 milik rossi menggunakan winglets sebelumnya. Tentu saja dengan uji coba ini bisa jadi mengindikasikan Yamaha M1 memiliki titik kelemahan di sektor aeordinamika yang cukup kompleks hingga menggunakan bantuan winglets. Apa itu winglets? Terjemahan ala fncounter.com…. winglets merupakan semacam aksesoris tambahan yang ditempel di bagian fairing, bentuknya mirip sayap yang diletakkan disamping kanan dan kiri sama halnya seperti yang biasa digunakan oleh Ducati GP series… namun yamaha mengklaim fungsi winglets ini berbeda dengan yang digunakan ducati.

Winglets ala yamaha berbeda pada penempatannya. Jika ducati ditempatkan di fairing tepat di bagian samping kanan atau kiri… maka yamaha menempatkan lebih ke depan. Tepat disisi saluran udara yang berada di fairing depan. Uji coba bagian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kestabilan motor, meningkatkan aerodinamika Yamaha M1 sehingga keseimbangan bagian depan bertambah. Namun bagi fn, kok sepertinya gak ada bedanya secara fungsi….

Uji coba penggunaan winglets pada Yamaha M1 ini membuat duo pembalap yamaha buka suara terkait fungsinya diatas Yamaha M1….

Valentino Rossi

With the wings I don’t feel much difference. Sometimes I think I feel something, a little bit more contact in the front, but the reality is a small difference

Jorge Lorenzo

I tried them in practice but we didn’t feel so much difference and I think that we still have to try at more tracks and more locations because we cannot say clearly what is going on with these wings

Nah loh… kedua pembalap berpendapat sama terkait penambahan sayap alias winglet pada Yamaha M1 tunggangannya. Dari keduanya menyimpulkan nyaris tidak ada perbedaan dari adanya sayap yang dibuat tersebut. Jelas sekali fungsi tersebut sangat berbeda dengan sayap yang dimiliki oleh mobil-mobil Formula 1 yang sangat mempengaruhi sekali untuk faktor aerodinamikanya. Hmmm….  sekarang bukan pemilik sayap bukan hanya honda yang dikenal dengan sebutan sayap sebelah…. tapi garpu tala pun mencoba terbang dengan sayap buatannya :mrgreen:  . (~fn)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : http://www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
___________________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on September 13, 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: