Iklan

Suzuki Satria FU Injeksi….. Dari 18 PS Hingga Desain Headlamp Baru !!

satria-f150-head_injeksi

Selamat pagi pembaca sekalian, bahasan menarik dari salah seorang kontributor blogger yang membocorkan sebuah sketsa detail headlamp (batok lampu depan) tentang produk anyar. Lebih tepatnya produk dalam sketsa tersebut digadang-gadang sebagai New Satria FU Injeksi. Nah, jika Satria FU Injeksi diberikan penyegaran dalam skala besar…. mampukah untuk mempertahankan market share yang dimilikinya? Berikut ulasan ~fn..

Melihat awal kali sketsa ini dari iwanbanaran, fn tak terkejut sedikitpun dengan langkah Suzuki untuk mengamankan jualannya meskipun terbilang ‘TERLAMBAT’. Dari sketsa yang jika benar dari sumber yang bisa dipercaya, Suzuki mencoba memberikan penyegaran tampilan secara total yang dimulai dari headlamp. Batok lampu menjadi target utama perubahan tampilan karena sering kali menjadi impresi awal seorang konsumen melihat sebuah motor baru.

Secara perbedaan, brosis bisa melihat langsung gambar diatas. Panah merah menunjukkan perubahan desain dari model lawas Satria FU Karburator ke calon produk baru New Suzuki Satria FU Injeksi. Dari perubahan tersebut, Suzuki berani melakukan perubahan yang cukup besar di sektor headlamp. Namun sayang, langkah yang diambil Suzuki kali ini terbilang basi untuk membuat perubahan besar pada produk lawas tersebut. Mengapa fn bilang basi? Cara ini sudah pernah dilakukan Suzuki Indonesia dari model pertama Satria FU dengan headlamp polos memanjang hingga yang saat ini.

Selain basi, bagi fn perubahan ini terbilang payah karena tidak membuat peningkatan pada image produknya sendiri. Loh kok bisa? Setelah fn cross-check ulang dengan lawan sepadannya New Sonic 150R, desain headlamp Satria FU Injeksi mendekati kemiripan dengan New Sonic 150R….. kalo begini follower teriak follower. Apalagi dari bagian headlamp anyar tersebut, tak jauh berbeda dengan model lawasnya. Bertahan dengan adanya winshield (meskipun secara fungsi….. winshield ini nyatanya tak berfungsi apa2 melindungi pengendara dari hembusan angin) di bubuhi dengan logo S khas Suzuki. Fn mengakui dengan bocoran ini, impresi awal Satria Injeksi ‘sedikit’ terlihat menarik. Namun dengan desain headlamp mirip New Sonic tersebut, sekali lagi Suzuki harus memberikan nilai yang lebih dari sebuah New Satria FU Injeksi untuk mempertahankan diri sebagai raja sport underbone 150cc.

Satria FU Injeksi 18 PS ?? Dari awal kemunculan Satria FU150 dengan status build-up thailand, pabrikan mengklaim produk ini memiliki tenaga 16,5 PS. Namun semakin Satria FU150 masuk sebagai produk lokal, banyak konsumen Satria FU150 merasa kecewa dengan performanya yang tidak powerfull ketimbang model build-up. Apalagi dengan kondisi motor yang memiliki spek kompresi tinggi namun diklaim aman nenggak bahan bakar oktan 88, pastinya banyak penyesuian ‘downgrade’ yang dilakukan, salah satu yang mudah adalah penurunan derajat pengapian. Alhasil Satria FU150 lokal indonesia bertenaga hanya 16 PS meskipun tetap lebih besar dari underbone lainnya.

Kedatangan Sonic 150R dengan power 16 PS seperti memberikan tamparan keras, apalagi torsinya juga jauh lebih unggul. Jika alasan ini yang mendasari Satria FU150 Injeksi akan ditingkatkan hingga power 18 PS maka bagi fn itu masih kurang untuk membayar kesetiaan konsumen hingga saat ini. Berkaca pada Suzuki FXR dengan mesin yang sama namun mampu mengail power 20,3 PS, harusnya Satria FU150 pun bisa mendapatkan power tersebut tanpa tambahan kapasitas mesin yang kabarnya bakal dinaikkan 160cc. Jelas ini harus menjadi pembuktian Suzuki bahwa produknya masih unggul sebagai tunggangan andalan para speed lovers.

Berubah injeksi…. Power meningkat 18 PS (*katanya… #kok gak 20 PS sekalian)….. Kapasitas mesin dinaikkan 160cc dan yang terakhir Desain baru untuk Satria FU150 Injeksi hanyalah sebagian kepanikan yang bisa fn lihat dari kubu Suzuki Indonesia. Terlambat untuk berbenah namun berakhir penurunan image produk andalannya saat ini. (~fn)

==============
Contact Person :

Email : fncounter.blog@gmail.com
Invite BBM : 794C91C4
FB : http://www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
___________________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on September 10, 2015, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. satria injeksi? ngimpiiii…..

    boro2 mikirin konsep produk baru, produk yang belum laku aja sudah siap2 dilelang..
    lha wong dealernya aja udah banyak yang tutup kayak nasibnya minerva, jee…
    di kotaku sekarang aja tahun lalu suzuki masih punya dealer mandiri, eh, tahun ini numpang sama dealer kawasaki.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: