Iklan

Strategi Promosi Bluecore di Ajang MotoGP Lebih Efektif Ketimbang Iklan YIMM Sendiri

Bluecore M1 2015

Untuk urusan penjualan, setiap tempat berbasis pelayanan penjualan barang atau jasa memang berkaitan erat dengan divisi marketing. Tak terkecuali dengan event besar kompetisi balap motor nomer satu dunia seperti MotoGP yang juga tak luput dari bidikan marketing dari ATPM yang mengusung pabrikan yang sejenis, istilahnya simbiosis mutualisme nih… seperti contohnya nyata dari Movistar Yamaha Factory Racing yang diperkuat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Mengapa fn memilih contoh Yamaha? Bukan berarti fanatik dengan yamaha loh meskipun fn memiliki tunggangan Jupiter MX warna biru yang juga sama dengan Yamaha M1. Namun tak lain dikarenakan yamaha ketiban untung dari 2 pembalapnya yang sangat kompetitif musim 2015 ini. Oleh karena itu, secara langsung maupun tidak… dampaknya juga mampu mendongkrak image yang berimbas pada penjualan produk yamaha di seluruh dunia. Fn akan lebih mengerucutkan pada contoh Yamaha Indonesia yang secara kebetulan menjadi sebagian dari banyak sponsor yang menopang dana dari keikutsertaan Yamaha Factory di motogp.

Tak tanggung-tanggung, yamaha indonesia yang secara market share tak lebih baik dari Honda di indonesia harus mempertahankan imagenya dimata konsumen. Salah satunya yang terlihat adalah dengan men-sponsori motogp, dengan demikian Yamaha Indonesia akan tetap terus terlihat dan menjadi ‘kebanggaan’ konsumen dalam tanda kutip tersebut diajang motogp, meskipun jualannya di indonesia nggak moncer-moncer amat broh.

Jerez M1 SD

Tagline “Semakin Didepan” ala yamaha indonesia secara loyal sudah nemplok di Yamaha M1 Rossi dan Lorenzo sejak lama. Bahkan saat Yamaha Factory kehilangan sponsor utama sekalipun saat ditinggal rossi, Semakin Didepan tetap setia menjadi sponsor yang terus mendukung Yamaha MotoGP. Positioning Semakin Didepan pun terbilan strategis…. Stiker “Semakin Didepan” menghiasi bagian depan fairing, bagian samping fairing dan juga bagian belakang fairing yang cenderung strategis disorot oleh kamera… belum lagi yang ditempatkan di Racing Suit pembalapnya sendiri.

Era injeksi memaksa ATPM di indonesia memasarkan teknologi andalannya sepaket dengan produk yang dibuatnya. Meskipun yamaha berperan dalam membuat sistem injeksi terkenal dengan vixionnya, namun ketidak konsistenan yamaha akan penamaan sistem injeksinya menjadikan image injeksi lebih dikenal konsumen dari produk kompetitornya sendiri. Penamaan teknologi injeksi yamaha indonesia cenderung membingungkan konsumen, sehingga mengurangi mainset pada konsumen sendiri. Mulai dari hanya berlabel FI (Fuel Injection), YM-JETFI (yang sekarang hilang ditelan bumi :mrgreen: ) sampai pada akhirnya memperkenalkan Bluecore ( opo maneh ikiiiii…..) meskipun nyatanya produk BlueCore malah lebih dulu diproduksi di india ketimbang di indonesia. Nah dari kenyataan tersebut tentu berbanding terbalik dengan kompetitor yang konsisten menamakan teknologi injeksinya dengan nama PGM-FI di semua produknya, dari motor kecil sampai motor berkapasitas mesin besar.

Soul GT125 - front2

Menurunnya image injeksi yamaha indonesia yang sudah mengklaim akan brojolin Bluecore pada semua produknya, harus berfikir keras untuk kembali memperkenalkan lebih baik pada calon konsumennya. Iklan TV, Poster, banner Bluecore sudah dipajang besar-besaran di setiap dealer yamaha, namun jangan harap konsumen yang awam dengan perkembangan otomotif ‘Ngeh’ dengan nama teknologi tersebut. So apa lagi yang perlu dilakukan….. jawabannya adalah promosi langsung dari lintasan motogp.

GP Assen Belanda yang dimenangkan Valentino Rossi setelah berduel sengit dengan Marc Marquez adalah seri terakhir Yamaha M1 yang masih memasang stiker “Semakin Didepan”. Pasca GP TT Assen belanda hingga saat ini, dari hitungan fn sudah 4 seri balapan berjalan Bluecore menggantikan Semakin Didepan menemani Yamaha M1 beraksi dilintasan yang mana merupakan titipan promosi dari PT. YIMM (Yamaha Indonesia). Apakah “Semakin Didepan” sudah dihilangkan? Tidak, Tagline tersebut masih tetap menghiasi namun ditempatkan hanya di baju balap pembalapnya. Dari 4 seri tersebut antara lain GP Jerman (mengawali penggunaan stiker bluecore pada Yamaha M1), GP Indianapolis, GP Brno dan terakhir minggu lalu GP Silverstone. Cara promosi teknologi bluecore ini terbukti ampuh brosis…..

Sorot kamera yang mengabadikan momen-momen menarik kemenangan pembalap yamaha, berimbas pula menjadikan Bluecore semakin dikenal masyarakat di indonesia bahkan di seluruh dunia yang nonton motogp. Dengan demikian image bluecore akan semakin terbangun dengan baik sebagai teknologi motor juara yang juga tak mengesampingkan faktor irit… mungkin seperti itu pesan tersiratnya. Pesan fn nih…. asal jangan gonta-ganti nama lagi aja, tetap konsisten dengan Bluecore untuk memperkuat image produknya sendiri. (~fn)

==============

Contact Person :
Invite BBM : 794C91C4
FB : http://www.facebook.com/fncounter
Twitter : @fncounter_blog
Email : fncounter.blog@gmail.com

_________________

Related Post :

 

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on September 2, 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: