Iklan

Mengenal Fungsi Lampu Dekat dan Lampu Jauh Sesuai Peruntukannya

image

Hello guys…malam pembaca sekalian. Penerangan pada kendaraan menjadi syarat wajib dimiliki sebagai bagian dari kelayakan berkendara. Nah pada kendaraan baik motor maupun mobil akan terdapat fungsi pada lampu utama kendaraan.. fungsi utama tak lain sebagai alat penerangan juga sebagai deteksi mudah kendaraan lain akan keberadaan kita. Namun nyatanya masih ada fungsi lainnya loh….

Sesuai pengaturannya, penerangan pada lampu utama kendaraan memiliki 2 fungsi sebagai lampu dekat dan lampu jauh. Bahasa kerennya high beam dan low beam. Pada dasarnya kegunaan keduanya cukuplah kita mengerti secara singkat namun dalam penggunaannya kadang kala kita masih belum 100% ngeh dengan fungsi tersebut.

Lampu dekat (low beam) pada penerangan utama kendaraan bekerja dengan menyorotkan cahaya lampu utama ke arah depan bawah dari jalan yang kita lalui. Penerangan ini lebih difungsikan pada area dimana penerangan jalan dirasa cukup dan juga ramai lalu lintas yang dilalui. Nah bagaimana dengan lampu jauh?

Lampu jauh bekerja dengan menyorotkan cahaya lampu utama sejajar, tegak lurus bahkan cenderung lebih tinggi dari arah lurus depan dari kendaraan bermotor. Lampu jauh a.k.a high beam digunakan pada jalan raya yang minim secara penerangannya dan juga pada area yang sepi lalu lintasnya. Tujuannya untuk memperluas pandangan kita dalam kondisi minim penerangan tersebut. Lampu jauh ternyata dilarang loh digunakan pada kondisi lalu lintas yang padat kendaraan karena mengganggu penglihatan pengendara lain. Pelarangan tersebut tentu saja dimaksudkan pada penggunaan lampu jauh dalam kondisi yang lama pada kondisi lalu lintas yang dimaksud.

Dari 2 fungsi penerangan tersebut diatas masih ada lagi fungsi tambahan yaitu pass beam. Fungsi ini hampir sama dengan lampu jauh namun cara kerjanya lebih singkat. Biasa pada kendaraan mobil atau motor batangan diberikan saklar sendiri untuk fungsi pass beam. Namun pada moped ataupun matic bisa memfungsikan lampu jauh dalam periode yang singkat… penggunaan ini ditoleransi karena tidak mengganggu pengendara lain. Pass beam biasa berfungsi sebagai peringatan untuk kendaraan didepan jika kita bersiap menyalip ataupun peringatan lainnya entah pengendara didepan terlalu pelan dan sebagainya, fungsi pass beam ini terlihat hampir sama dengan klakson brosis.

So fungsikan sebaik baiknya lampu dekat, lampu jauh atapun lampu singkat (pass beam) sesuai peruntukannya. Saling memberikan toleransi, tenggang rasa antar sesama pengendara supaya tercipta kondisi berkendara yang aman dan nyaman tanpa mengganggu hak berkendara pengendara lainnya. (~fn)

___________________________

Related Article :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Agustus 8, 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Dimtrku lampu jauh buat siang hari biar polisi puas liatnya menandakan klo lampu mtr kita udah nyala,sedang lampu dekat klo malam hari aja hehehe….

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: