Iklan

Lenovo A7000 – Full Review

A7000 LENOVO

Salah satu poin penting bagi fn untuk membelanjakan uang untuk sebuah gadget diantaranya memiliki harga yang relatif murah namun memiliki performa yang bisa diandalkan. Itulah mengapa fn begitu merekomendasikan Lenovo A7000 untuk saudara yang ingin membeli gadget dengan memberikan tanggung jawab sepenuhnya pada fn yang memilih. Setelah fix meminang Lenovo seri A7000 kini saatnya memberikan hasil review singkat selama beberapa hari pemakaian.

Pantas saja jika flashsale di sebuah toko online menjadikan phablet 5,5” ini begitu diminati dan laris manis… dalam hitungan jam saja sudah habis terjual. Dibekali processor octa-core (8-inti) menjadikan performanya begitu memuaskan untuk HH dengan kisaaran harga 2 jutaan. Sebuah pilihan tepat bagi fn merekomendasikan ini, padahal sebelumnya my brother ngebet ingin zenfone 5 seperti yang fn miliki. Alasan mendasar adalah Lenovo A7000 yang menjadi produk baru tentu saja memiliki banyak kelebihan secara performa ketimbang zenfone 5 yang sudah cukup lama beredar di pasaran.

DESAIN FISIK

Secara desain Lenovo A7000 memiliki tampilan dengan masing-masing sudut yang tumpul seperti gadget kebanyakan. Meskipun dengan desain layar lebih lebar dari zen5 yaitu 5,5” namun masih nyaman digenggam. Secara desain fisik keseluruhan, Lenovo A7000 terbilang biasa saja, bentuknya kotak stagnan tanpa model yang macam-macam berbeda dengan zen 5 yang memiliki back cover dengan model desain melengkung. Secara ketebalan juga gadget ini lebih tebal ketimbang zen 5 yang fn miliki. Dari bagian depan, tidak ada nama besar Lenovo yang nangkring pada layar LCD nya tersebut. Label Lenovo hanya tertera pada cover yang berada dibagian belakang sehingga tidak memiliki kesan produk mewah dan branded.

A7000 Back Case LEN

Beberapa fungsi bagian pada Lenovo A7000 banyak berkebalikan dengan Zenfone yang fn miliki. Awal kali menggunakan produk buatan lenovo ini, fn sering kali membuat kesalahan untuk tombol fisik terutama fungsi ‘back’. Jika tombol ‘back’ zenfone series terletak di sebelah kiri, maka Lenovo A7000 ini disebelah kanan. Sedangkan bagian tengah berfungsi sebagai menu ‘home’… dan bagian kiri sebagai penampil daftar aplikasi yang baru dibuka.

Soket charger A7000 ditempatkan dibagian atas gadget, berikut soket headset yang berada disebelah kiri dari soket charge gadget tersebut. Di sisi kanan tepi, terdapat tombol volume disisi atas dan tombol power di sisi bawahnya. Lubang speaker ditempatkan di bagian belakang sebelah pojok kanan atas. Disamping kiri terdapat kamera didukung dengan flash bawaan.

HARDWARE

Sebagai pemain baru yang membidik spesifikasi kompetitor yang lebih lama, tentu saja secara performa Lenovo A7000 tidak boleh terlihat lemah. Dukungan prosesor besutan Mediatek dengan kecepatan 1.5 GHz 8-inti (Octa-Core) memberikan nilai plus produk untuk rekomendasi pada konsumen. Selain itu, sebagai gadget terkini lenovo juga sudah membekali A7000 dengan support jaringan LTE (4G) pada sektor hardwarenya.

A7000 Antutu 4

Masuk dalam kelas phablet, layar LCD IPS 5,5” yang dimiliki beresolusi HD, 320 dpi. RAM (random access memory) yang ditanamkan juga sudah mengakomodir spek masa kini yaitu mematok kapasitas RAM standar sebesar 2GB. Mengapa fn sebut standar, karena kebutuhan akan RAM 1GB saat ini untuk mengakomodir multi tasking yang beraneka ragam menjadi sangat kurang untuk saat ini.

Selain kapasitas RAM yang terbilang cukup lega, kapasitas penyimpanan internal nya juga dibekali dengan kapasitas standar yaitu 8 GB. Memang terbilang berkapasitas kecil, namun jika user tidak terlalu boros menggunakannya, membatasi instalasi aplikasi maka kapasitas tersebut terbilang cukup… meskipun masih ada kompetitor yang bahkan berani menawarkan kapasitas penyimpanan antara 16GB hingga 32GB saat ini.

A7000 Device INFO

GPU juga menjadi bagian penting dalam pengujian Lenovo A7000 kali ini. Dibekali GPU Mali T-760, saat dilakukan tes oleh antutu benchmark, didapati frame rate hingga 35 fps. Untuk penggunaan game dengan sample Line Ranger dengan model battle yang bergerombol antara ranger kita dengan ranger lawan, tidak didapati lag alias lancar jaya. Belum fn coba lebih lanjut untuk game beresolusi tinggi lainnya.

Dolby Atmos, keunggulan lain yang terdapat pada Lenovo A7000 adalah kualitas speaker. Dengan teknologi ini, output suara saat memainkan MP3 terasa lebih halus.. fn mencoba komparasi dengan speaker zenfone 5… ternyata lebih halus Lenovo A7000. Kombinasi treble dan bass lebih pas ketimbang zen5 yang terdengar lebih dominan treble nya.

Di sektor kamera, Lenovo A7000 menawarkan kamera depan 5MP dan kamera belakang 8MP dengan LED flash. Untuk hasil ketajaman tanpa flash antara Lenovo A7000 dengan zen5 , kamera belakang tak berbeda, berbanding seimbang antara keduanya. Namun saat menggunakan flash, pencahayaan Lenovo A7000 lebih merata ketimbang Zen5. Sedangkan untuk kamera depan, Zen5 harus mengakui keunggulan spek 5MP milik Lenovo A7000 meskipun secara hasil masih terdapat noise jika berada di tempat yang kurang cahaya… so harus kaya akan cahaya jika ingin hasil foto lebih baik. Meskipun demikian, Lenovo A7000 cukup lemah saat harus memotret obyek dalam kondisi minim cahaya tanpa flash, hasilnya akan cukup gelap jika dibandingkan andalan zen5 si pixel master.

Baterai, dengan konsumsi layar 5,5”… kapasitas baterai sebesar 2.900 mAh bagi lenovo sudah cukup. Namun bagi fn tidak, harusnya bisa menggunakan baterai hingga 4.000 mAh pasti lebih mantab. Namun lagi-lagi karena penempatan harga yang bahkan dibawah 2 jutaan menjadikan kapasitas baterai 2.900 mAh sudah cukup aman untuk aktifitas seharian kecuali kita selingi dengan game bakal lebih cepat nge-charge brosis.

SISTEM OPERASI dan FITUR

Sama dengan generasi Zenfone 2, Lenovo A7000 sudah dibekali Sistem Operasi Android versi 5.0 Lollipop. Melihat pertama kali tampilan Lenovo VIBE UI dengan OS Lollipop menjadi tampak menawan. Tak ada lagi mengakses aplikasi harus masuk ke MENU. Melainkan shortcut aplikasi sudah tersebar langsung pada layar desktop… mirip tampilan Xiaomi Redmi.

A7000 Desktop

Salah satu fitur yang fn sukai adalah mengaktifkan display yang standby dengan double-touch menjadikan pengguna lebih dimudahkan ketimbang harus menekan tombol fisik power. Berikutnya jika di zenfone 5 terdapat glove mode untuk meningkatkan sensitifitas sentuhan dengan sarung tangan, maka di Lenovo A7000 sudah mengakomodir sentuhan dengan sarung tangan tanpa adanya pilihan glove mode. Selain itu, untuk mengakses app drawer dan mengaktifkan koneksi paket data maka akan ada informasi tertera tentang penggunakan data yang kita gunakan. Meskipun pada menu mengaktifkan paket data ini menurut fn terkesan ribet karena tidak bisa sekali sentuh lebih cepat.

Beberapa hari dalam masa uji coba, fn mendapati Lenovo menawarkan update sistem sebanyak 2x. Dari versi awal saat membeli adalah A7000-a_S137_150528_ROW kemudian melakukan update sistem dengan kapasitas 24.88 MB ke versi A7000-a_S141_150614_ROW. Kemudian terdapat update sistem lagi sebesar 46.45 MB menuju ke versi A7000-a_S142_150630_ROW (Update Terbaru per Juli 2015).

Setelah update sistem terbaru, fn mencoba melakukan tes pada Lenovo A7000 dengan aplikasi Antutu Bencmark…. hasilnya mengagumkan mencapai score 41.032. Dalam daftar terlihat satu level dibawah Samsung Galaxy S5. Score ini jauh lebih tinggi dari Zenfone 5 fn yang hanya mencapai score 19.900 secara performa dengan aplikasi yang sama. (~fn)

ALL PICS :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Juli 22, 2015, in Techno and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. bukannya mending Lenovo K3 Note atau Meizu M1 Note, layar udah FullHD malah

  2. punya gw malah update lolipopnya sdh 3x dan di antutu sdh jd 43.000 sekian dan jd urutan 6 diatas huawei mate 7

  3. Hp saya yg jadul….. Xiaomi mi3w tanpa dimacem2in baru sanggup 43.667 score antutunya. Udah lumayan diatas samsul s5.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: