Iklan

First Ride Yamaha MX King 150….. Performa Lebih Sport Underbone… Ergonomi Mantab Untuk Kebutuhan Touring

tes mx king 150_0

Sebagai rangkaian acara test ride New Vixion Advance lalu, fn juga mendapat kesempatan melakukan tes review Yamaha MX King 150. Sama-sama mencoba motor dengan engine identik pastinya akan cukup menyulitkan mendapatkan perbedaannya. Sport underbone 150 andalan baru yamaha sebagai suksesor MX 135 ini rupanya mulai mendapatkan tempat di mata konsumen sebagai produk pembeda dari rival abadinya Suzuki Satria FU 150.

Jika FU150 secara image masih cukup kuat sebagai motor kencang underbone 150cc maka paradigma tersebut mulai bergeser seiring dengan pembuktian MX King 150. FU memang kuat secara image motor bianterrr brosis…. namun sayangnya MX King 150 lebih kuat secara branded meskipun memiliki spesifikasi tak berbeda dari Vixion series.

Secara tampilan, overall fn cukup suka dengan desain fisik MX King 150. Desain body yang bongsor menjadi favorit fn sama halnya kala memilih BlueMX yang dimasanya dulu yang juga merupakan salah satu moped dengan body yang cukup besar. Namun seiring bertambahnya tahun bluemx yang terlihat mini karena tren body bongsor motor-motor sekarang terutama di kelas moped dan matic.

Tak berbeda dengan pengetesan NVA, pada MX King 150 juga fn perlakukan sama. Mengawalinya fn buka kunci kontak ke arah ON. Dashboard speedometer yang sekarang mengaplikasikan model digital terlihat cukup menarik untuk kelas moped yamaha yang ditahun sebelumnya hanya di gelontorkan dengan desain speedo analog. RPM puncak juga fn coba dalam kondisi diam sebelum dijalankan, juga menunjukkan ciri sama dengan NVA… rpm puncak terbatasi limiter diangka 10.000 rpm on speedometer… tentu lebih lega betot gas lebih dalam dibandingkan MX135 yang hanya di limit 8.500 rpm.

tes mx king 150_1

AKSELERASI, bagi brosis yang memiliki MX135 sebelumnya secara akselerasi ada perubahan lebih baik meskipun tak banyak. Namun terasa lebih halus dan ringan sehingga terlihat sensasi akselerasi lebih cepat. Sensasi tarikan MX King 150 lebih smooth daripada NVA… berikut juga stop n go di rintangan yang sudah dibuat terasa lebih spontan dan cepat ketimbang NVA. Mungkin kelebihan dari bobot total yang membuat MX King 150 akan cukup unggul di komparasikan secara akselerasi dengan NVA.

ERGONOMI dan HANDLING, secara ergonomi tak terkesan racy sama sekali, namun ergonomi MX King 150 75% unggul dalam kenyamanan dibandingkan FU150. Hal ini terkait posisi berkendara yang lebih santai… tak menghilangkan kesan MX135 dalam hal ini namun dengan kekuatan yang lebih powerfull tentunya meskipun belum fn coba secara performa di rpm puncaknya. Dalam segi handling… MX King 150 juga tak berbeda dari MX135, meskipun dengan power yang lebih besar dan berat yang lebih dibandingkan versi 135 namun tetap enak diajak bermanuver secara cepat… urusan handling MX King 150 lebih unggul dari NVA. Apalagi secara pemilihan ban depan banyak menuai kontrversi karena terlalu kecil… namun inilah kelebihannya.

Dengan beban ban yang seperti standar MX135 terbukti nyaman bermanuver meskipun di lintasan paving, apalagi meliuk-liuk di sela kemacetan. Tentu saja yamaha menyesuaikannya dengan suspensi depan yang tak berubah alias persis seperti MX135 yaitu mengaplikasikan diameter inner-tube yang kecil seperti moped pada umumnya namun secara rebound lebih baik. Berikut juga ukuran ban belakang yang kurang proporsional karena lebih besar tak mengurangi fungsinya sebagai faktor pendukung handling yang baik… meskipun belum fn coba di tikungan parabolic apakah ban besar belakangnya akan mengalami gejala tak seimbang yang membuat pengendara melebar.

SUSPENSI, sebelumnya fn menyinggung suspensi depan MX King 150. Tak ada perubahan yang besar dibandingkan MX135 alias sama saja meskipun terasa rebound lebih empuk.. hal ini menjadi poin tambahan dan pendukung bagi motor ini dalam hal kenyamanan bermanuver. Berbeda pula dengan suspensi belakang… fn merasakan terdapat peningkatan kualitas pada shock MX king 150 ini. Secara desain langsung ditempatkan di arm belakang sebagai dudukannya… namun reboundnya sedikit lebih keras ketimbang MX135. Jauh dari ekspektasi fn yang menginginkan model link pada suspensi belakang underbone baru yamaha ini.

KLAKSON, model disc klakson jupite mx king 150 berbeda dengan moped yamaha kebanyakan. Deesain disc terbilang baru namun mirip dengan model klakson mobil, nmax ataupun NVA. Secara suara jauh dari harganya… harga klakson yang mencapai 100rban ini memiliki suara yang lumayan kecil… lebih lirih dari suara klakson NVA. Bagi yang pengguna yang suka touring perlu diganti nih dengan yang lebih nyaring.

Overall sebagai penantang Satria FU di segmen underbone 150cc, MX King 150 sudah memiliki semua syaratnya. Meskipun masih bertahan dengan mesin SOHC, 150cc, 4 klep layaknya Vixion dan R15. Namun branding yamaha tetap menjadi faktor utama konsumen menjatuhkan pilihan ke MX King 150 ketimbang FU150 yang secara aftersales kurang baik dari Suzuki nya sendiri. Apalagi ergonomi MX King 150 yang lebih mengakomodir perjalanan jauh ketimbang FU150. (~fn)

Thanks to Kontributor Test Ride :
Yamaha SMS Motor Randuagung – Singosari – Malang

______________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Juni 9, 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. pensaran sm yg warna putih nih

  2. hemm…bisakah menggeser blue mx?? πŸ˜‰
    #pantesan kayak pernah tahu pavingan kyk gitu

  3. kayanya masuk keHati nich…. πŸ˜‰

    β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-
    Kuliner dulu,bray!! >>http://potretbikers.com/2015/06/09/bakso-utama-dewi-sri-batu-malang/

  4. wis ndang dituker ae…

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: