Iklan

Review Pemakaiaan Koil Y125Z 5BP OEM Scorpio di Jupiter MX…. Sistem Pembakaran Makin Optimal…

image

Siang guyss.. bagi yang sedang makan siang monggo dipersilahkan dan selamat menikmati. Kali ini fn akan mereview 1 tahun penggunaan koil oem scorpio Z dengan kode 5BP-33M. Proses pembakaran didapur pacu memang tak bisa dipisahkan oleh peran koil yang menjadi otak yang menghasilkan sumber tegangan untuk pembakaran itu sendiri. Nah apa bedanya dengan koil OEM Jupiter MX sendiri ya….

Semakin berumur tentu saja koil sekalipun akan mengalami masa habis pakai. Memang jika dilihat dari mati nya akan sangat lama broh… yang ada adalah penurunan daya yang dihasilkan oleh koil itu sendiri. OEM milik jupiter mx memang tidak terlalu moncer untuk menghasilkan daya yang maksimal so banyak pengguna mx tak terkecuali fn mencari part yang lebih bertenaga.

Setelah fn mengaplikasikan cdi aftermarket… giliran koil oem mx yang harus dilengserkan. Penggantinya sempat memilah dan memilih cukup laman namun pilihan jatuh pada Koil Y125Z, OEM Scorpio lama dengan kode ternamanya 5BP. Koil ini diklaim menghasilkan tegangan 30.000v dan menjadi rekomendasi koil standar yang bertenaga setelah YZ125 dan Karisma yang mencapai 35.000v.

Beberapa hari lalu bertepatan dengan 1 tahun pemakaian Koil scorpio Y125Z 5BP. So apa perbedaannya? dari yang fn lakukan, koil ini cukup ampuh membuat efisiensi bahan bakar bluemx menjadi lebih irit… hal ini dikarenakan perbandingan bahan bakar dan performa cenderung seimbang karena pembakaran lebih disempurnakan lagi dengan koil berdaya besar. Apakah tidak membahayakan bagi mesin? dari yang sudah fn alami tidak ada efek negatif yang ditimbulkan oleh pengaplikasian koil ini brosis.

Dari sisi performa, koil 5BP sangat berbeda dengan ori jupiter mx. Akselerasi lebih bertenaga dan output power di tiap gigi tidak terjadi penurunan drastis seperti kala menggunakan koil ori mx nya. Hal ini bisa diterima karena dengan adanya pembakaran yang semakin sempurna maka menghasilkan daya yang baik pula. Nah koil sudah cukup mumpuni nih untuk digeber habis… lalu bagaimana dengan busi? apakah perlu menggunakan busi racing macam iridium?

Jika ingin lebih mengexplore performa jupiter mx series sah2 aja broh… namun masa habis pakai busi iridium lebih cepat ketimbang durabilitas busi standar. apalagi busi iridium dibanderol lebih mahal sekitar 100ribuan per busi jelas akan lebih menguras dompet nantinya.. toh dengan busi standar akan berdaya tahan lebih lama. Koil 5BP fn beli seharga sekitar 106 ribuan tahun lalu namun sayang… koil berpotensi mantab ini sudah tidak lagi tersedia di bengkel resmi yamaha… alias discontinue..  bahkan scorpio yang ada saat ini malah menggunakan koil jupi mx hehe… :mrgreen: (~fn)

____________________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Mei 29, 2015, in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. pengen juga pasang koil resing di mbit ane… tapi hmm apa ngaruh yak?

  2. Apa penggunaan cdi brt racing berbarengan dg koil yz125 bersamaan akan menimbulkan masalah bro fn ?

    • bail koil yz125 ataupun y125z adalah koil oem pabrikan motor masing2 mas. pastinya aman untuk di kombinasikan dg CDI BRT. Yg tidak disarankan itu penggunaan koil racing karena pengujian BRT memang untuk koil standar pabrik

  3. koil 5bp+busi ngk platinum+cob busi ktc ampuh kembalikan tarikan awal mx yg hilang setelah pake gear 36T jupiter z1
    punya artikel tentang ground scrapt atau tentang jumper cdi mx dg cdi motor lain
    terimakasih gan

  4. masih produksi bro yg 5BP, ane br aja beli di toko aksesoris motor dkt rumah. nebus dgn harga 115rb, di katalog yamaha harganya 114rb. malah dapet produksi thn 2015. kirain bakal dpt yg 4US.

    niatnya mau ngetes di byson, setelah diccoba, ga seperti yg tertulis pada blog2. malah sama aja ky koil bawaan. ga ada perubahan. apa mending pake kop busi yg non resistor ya? biar apinya gedean.

  5. Bro, numpang nanya ni.. itu koil sebelum dipasang ke njmx perlu dipotong atau gak? Kalau di potong,berapa cm yg dipotong?
    Thx b4

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: