Iklan

7 Perbedaan Tampilan New Vixion Advance VS New Vixion Lightning…. Apa Saja Sih….. ??

NVA Headlamp2

Selamat pagi pembaca sekalian, hari sabtu ini entah kenapa suasana semangat untuk beraktifitas. Mengawali pagi ini, fn masih berkutat pada pembahasan produk sport anyar yamaha yang diberi nama New Vixion Advance. Pentingnya kita ulas lebih baik lagi untuk menciptakan product knowledge yang lebih baik lagi bagi konsumen… loh apa gunanya? Ya tentu saja berguna toh.. sebagai calon konsumen kan juga perlu mengenal lebih dekat produk yang dibelinya… ada yang baru buat apa masih beli yang lama.. tul nggak…

Secara garis besar, baik New Vixion Advance yang merupakan suksesor penerus dari New Vixion Lightning memiliki perbedaan yang cukup tampak kasat mata. Namun jika nggak ngeh dengan perubahannya dipastikan konsumen pun bakal tertipu karena memang sekilas tampak benar-benar sama. Hal ini dikarenakan, perubahan mendasar dari New Vixion Advance hanyalah sebatas facelift yang artinya minor change, dalam artian New Vixion Advance mendapatkan perubahan kecil dalam segi tampilan sebagai tujuan penyegaran produk sebelumnya (New Vixion Lightning).

Nah.. secara teknis memang ada perubahan baik tampak maupun tak tampak pada New Vixion Advance, namun tentu saja sebagai bekal konsumen memilih fn akan memberikan beberapa perbedaan mendasar dalam segi tampilan antara keduanya.

HEADLAMP

NVA-NVL Headlamp

Headlamp atau biasa dikenal dengan batok lampu depan, lampu bohlamnya sih sama aja brosis namun yang membedakan adalah desain batok lampu depan a.k.a reflektor set New Vixion Advance tampil baru dengan bentuk yang proporsional dengan body keseluruhan yang mengarah ke kesan racy. Headlamp new vixion lightning sebelumnya memang terlihat kurang proporsional bahkan ada sebutan nyeleneh ‘shincan’ untuk generasi NVL (*padahal bagi fn sebutan ini nggak nyambung sama sekali….. :mrgreen: ). Model headlamp NVL yang sebelumnya dibuat terlalu lebar, kali ini dirubah lebih kecil dan sempit memperkuat kesan sporty nya.

Dalam reflektor (headlamp) New Vixion Advance masih fn dapati lampu kota/senja dengan fungsi yang mubadzir. Kenapa fn bilang demikian? Fungsi AHO (Automatic Headlight ON) yang membuat fungsi lampu kota/senja tersebut mubadzir alias memiliki fungsi kurang jelas. Jika sebelum adanya fungsi AHO, lampu senja dan utama dipisahkan saklar maka saat adanya AHO kedua lampu akan nyala bersamaan kala kunci kontak ON dan mesin dinyalakan. Secara daya pun juga terkesan mubazdir juga wong fungsinya kurang mengena pada tujuannya.

SHROUD DAN EMBLEM V-IXION

NVL Shroud

Shroud atau biasa disebut sayap atau tameng aksesoris yang biasa ditempatkan di sisi samping kanan dan kiri diujung depan yang dibuat terlihat menyatu dengan tangki. Fungsinya? Lebih kepada aksesoris aja kebanyakan pengaplikasiannya. Namun bagi New Vixion Advance dan juga sejenisnya motor yang mengaplikasikan sistem pendinginan radiator, shroud selain sebagai aksesoris mempercantik motor juga memiliki fungsi sebagai dudukan memaksimalkan aliran udara yang menuju ke kisi-kisi radiator.

NVA Shroud

Shroud New Vixion Advance didesain baru, memang sekilas sama dengan New Vixion Lightning. Yang membedakan adalah model New Vixion Advance didesain dual-layer dengan model bertumpuk, berbeda dengan New Vixion Lightning yang didesain polos.

Berikut juga tulisanVIXION yang terletak di Shroud New Vixion Advance berbeda dengan NVL. Pada New Vixion Advance tulisan V-IXION berbentuk emblem dengan kontur timbul sedangkan pada NVL tulisan vixion tersebut menyatu dengan striping yang dipakai.

SPAKBOR BELAKANG

NVL-NVA Spakbor

Berkaca dari pengalaman para penunggang New Vixion Lightning sebelumnya, dimana spakbor belakang seringkali dipotong untuk dibuat lebih pendek supaya terlihat lebih keren dan sporty karena juga dirasa terlalu besar maka Yamaha pun mengkoreksi bentuk spakbor belakang New Vixion Advance kali ini dengan model pendek untuk mempertahankan kesan sporty nya. Bagi fn memang secara model lebih bagus ketimbang sebelumnya.. aura sportynya pun lebih kental.. namun terlihat kurang dalam hal fungsi mengakomodir cipratan air yang mengarah pada boncenger nantinya.

COVER ENGINE

NVA Cover Engine

Kembali berkaca pada kebiasaan konsumen indonesia yang biasa memasang pernak pernik untuk motornya tak terkecuali Cover Engine untuk tampil lebih sporty, YIMM membekali cover engine secara keseluruhan pada semua varian New Vixion Advance bak reguler maupun edisi spesial livery MotoGP.

BLOK SILINDER

NVA Cylinder Block

Jangan beranggapan bahwa New Vixion Advance akan memiliki power yang super dahsyat dibandingkan NVL hanya berbekal blok silinder yang berbeda. Tentunya itu anggapan ngawur dan terlalu berlebihannya ekspektasi anda dalam menilai sebuah produk. Blok silinder New Vixion Advance yang ternyata berbeda ini dimaksudkan sebagai langkah menekan cost produksi dikarenakan sudah adanya produk MX King yang juga menggunakan spesifikasi mesin 150cc dengan blok silinder yang baru pula. Oleh karena itu sebagai bentuk mengurangi cost produksi dengan berbagi part dengan MX King 150 dipilihlah blok silinder baru MX King 150 untuk diaplikasikan ke New Vixion Advance sebagai bentuk penyegaran produk yang tak hanya menyentuh pada perubahan tampilan body saja namun juga menjamah sektor mesin.

DASHBOARD SPEEDO

NVA DashboardTak hanya yang fn sebutkan diatas, penyegaran tampilan pun terlihat juga pada dashboard speedometer New Vixion Advance. Memang secara bentuk dan fiturnya sama dengan NVL, namun pada New Vixion Advance tampilan tulisan dan petunjuk rpm diperbarui dengan aksen tulisan putih yang lebih tajam ketimbang NVL.

NVL Dashboard

Nah itulah beberapa perbedaan antara New Vixion Advance 2015 dengan New Vixion Lightning 2014-2015 secara kasat mata brosis.  Ada pula perubahan tak tampak dari sektor sumbu roda, New Vixion Advance memiliki sumbu roda lebih pendek dari NVL. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memberikan handling yang lebih responsif sehingga mampu mengakomodir akselerasi yang lebih baik untuk kebutuhan stop and go dalam kemacetan. Selain itu, New Vixion Advance memiliki beban total lebih berat sebesar 2kg lebih berat dari NVL yang memiliki berat 129kg, belum ada informasi lebih jelas bagian apa saja yang membuat 2kg lebih berat tersebut. Nah, sekarang sudah jelaskan brosis.. tentukan pilihanmu. (~fn)

___________________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Mei 23, 2015, in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 26 Komentar.

  1. kok belum ada yang ngajak test ride yo? 😆

  2. ooooooooooooooo ngono

  3. Lampu belakang LED apa bohlam kang??

  4. Katanya lbh pendek? Apa berarti swing armnya yg lbh pendek?

  5. kalo test-ride di parkiran aja pihak diler kayaknya bisa kasih om..
    tapi kalo buat ditest long-run ky’e kudu sabar dulu.. 😀

    https://cakalangtrans.wordpress.com/2015/05/23/inilah-7-kisah-horor-populer-di-hotel-niagara-lawang-malang/

  6. memang NVA cuma facelift aja.. minor changes..
    tapi udah bikin keliatan makin ganteng kan..? 😉

  7. spakbornya bisa di gunkan ke nvl ngk ya yang punya nva…

  8. kang batok lampunya bisa di pake ke nvl ga ya.. sama embelem nya ?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: