Iklan

9 Perbedaan Utama Yamaha Jupiter MX King 150 & Jupiter MX 150, Penjelasan Singkat MID (Multi Information Display) Pada Dashboard Panel Meter Motor

MX KING 150_FRONT

Pembaca sekalian, YIMM kembali membuat kebingungan di kalangan konsumen maupun media akan diferensiasi produk yang baru diluncurkannya. Yup Yamaha Jupiter MX King 150 ternyata memiliki kembaran dengan beberapa kelebihan pada MX King 150 yang dihilangkan, alias tidak ditemui pada kembarannya yang bernama Jupiter MX 150. Jangan bingung brosis, perbedaan mendasar terletak pada namanya yang tidak diberi label “KING”. Nah apa lagi nih perbedaannya? Yuk kita bahas pelan-pelan supaya lebih ngeh dengan produk tersebut.

Mengutip dari gambar milik tmcblog, fnc coba menjelaskan sekali lagi akan perbedaan antara Jupiter MX King 150 dan Jupiter MX 150. Terdapat beberapa perbedaan diantaranya

bedaMX150-MXking150-6

1. DASHBOARD PANEL METER, disini yang menjadi polemik. Dimana banyak rekan blogger menyebutkan, press release yamaha menyebutkan ketidakjelasan informasi. Yang mana menyebutkan bahwa di JMX King 150 : Ada MID dan di JMX 150 : Odo Meter Digital. Bahkan inipun tidak dijelaskan pada media online yang merilis press release yamaha tersebut.

Secara desain standar, dashboard panel meter menampilkan informasi umum yang banyak dimiliki oleh motor maupun mobil. Seperti : Speedometer, Odometer, Fuel Meter, Temperature Meter, Tachometer (biasa digunakan pada model motor sport), Indikator Suhu dan sebagainya yang standar ditemui.

Nah bagaimana dengan MID ?? MID disebut juga Multi Information Display. Merupakan panel meter ataupun indikator tambahan yang tidak umum dimiliki oleh dalam hal ini motor yamaha. Multi Information Display ini sendiri bisa berbentuk :

– Trip Meter yang berfungsi mengukur jarak tempuh perjalanan kita.

– Fitur mengubah sapaan pada panel meter digital, yang mana secara standar MX King 150 disebut ‘Hi buddy’ bisa diganti menjadi sesuai keinginan, inipun masuk dalam Multi Information Display

– Average meter yang berfungsi mengetahui efisiensi bahan bakar terhadap gaya berkendara kita.

Fitur Multi Information Display yang disebut-sebut terdapat pada MX King 150 ini juga dimiliki oleh Yamaha R25 yang memiliki fitur Trip Meter untuk mengukur jarak tempuh berkendara. Itulah sekilas MID menurut fncounter.com.

bedaMX150-MXking150-1

2. LAMPU SENJA, kelebihan menarik pengaplikasian lampu senja model LED dua sisi kanan-kiri pada Jupiter MX King 150 ternyata tidak terdapat pada Jupiter MX 150. Pada JMX 150, lampu senja diletakkan menyatu dengan lampu utama dibagian atas, sedangkan area bawah yang harusnya terdapat LED lampu senja hanya berbentuk plastik hitam.

bedaMX150-MXking150-2

3. LAMPU UTAMA, headlamp pada JMX King 150 bermodel Halogen dengan soket HS1, bukan H1 seperti yang tmcblog sebut ya (*ralat buat mas taufik). Sedangkan untuk JMX 150 masih menggunakan model bohlam biasa sama seperti pada NJMX 135, namun sedikit berbeda pada reflektornya yang mana lampu senja kecil terselip bersama lampu utama.

bedaMX150-MXking150-3

4. HANDLE REM DEPAN dan KOPLING, tak ada perbedaan yang mendasar sebenarnya. Hanya permainan warna, dimana JMX King 150 memiliki warna handle hitam, sedangkan pada JMX 150 tidak memiliki warna alias warna asli dari material logamnya seperti JMX 135.

bedaMX150-MXking150-4

5. SEIN BELAKANG, desain rumah dari lampu sein belakang cukup signifikan dijadikan pembeda saat berada di belakang produk yang satu ini. Dimana untuk JMX King 150 model sein belakangnya meruncing dan memanjang dengan warna kaca bening. Sedangkan JMX 150 memiliki desain lampu sein belakang yang sedikit oval dengan warna kaca yang tidak bening seperti Vixion lama.

bedaMX150-MXking150-9

6. FOOTSTEP DEPAN, untuk footstep pengendara juga terdapat perbedaan nih yaitu untuk JMX Kign 150 terdapat engsel pada footstepnya mirip dengan footstep belakang. Sedangkan pada JMX 150 footstep masih menggunakan model JMX 135 tidak bisa dilipat. Meskipun demikian, kedua model footstep ini masih memiliki model sama untuk dudukan braket pegangannya yang memanfaatkan blok mesin bawah untuk pegangan besi footstepnya.

7. TUAS PERSNELING, masih berlanjut dengan gambar pada footstep tersebut, tuas persneling pun juga memiliki perbedaan. JMX King 150 menggunakan tuas persneling 1 sisi (depan saja) yang mana untuk mengubah percepatan harus menggunakan cara mengungkit. Berbeda dengan JMX 150 yang memiliki tuas persneling 2 sisi yaitu depan dan belakang sehingga untuk mengurangi persneling misalnya tidak perlu mengungkit dengan jari kaki.

bedaMX150-MXking150-10

8. JOK, untuk sisi jok, MX King 150 menggunakan model bahan dengan jahitan dengan dual tone bahan yang digunakan artinya bahan jok pengendara dan boncenger dibuat berbeda sehingga terkesan modif dan lebih mewah. Sedangkan JMX 150 hanya menggunakan satu bahan kulit jok langsung tanpa adanya aksen jahitan.

bedaMX150-MXking150-81

9. PINSTRIPE, jika ada yang bingung apa itu pinstripe. Itu loh brosis, semacam stiker yang mengelilingi putaran roda, biasa ditempatkan di sisi kanan dan kiri velg roda. Nah untuk MX King 150 memiliki pinstripe sedangkan JMX 150 tidak memilikinya

Sedangkan 3 perbedaan tambahan lain tidak fnc masukkan dalam daftar perbedaan mengingat hanya berbeda secara warna saja, berbeda dengan Handle Rem dan Kopling yang fnc bahas karena yang dimiliki JMX 150 tidak menggunakan warna alias warna asli dari material logamnya. Nah ketiga warna berbeda yang tidak fnc masukkan list perbedaan tersebut diantaranya perbedaan warna monochock dimana MX King 150 berwarna kuning dan MX 150 berwarna hitam, berikut juga kaliper rem depan MX King 150 berwarna emas sedangkan MX 150 hitam, kemudian behel belakang disebut2 memiliki warna hitam untuk MX 150 dan Silver untuk MX King 150 selain warna dasar body hitam. Nah demikian yang bisa fnc sampaikan untuk perbedaan kedua produk anyar yamaha indonesia semoga berguna. (fnc)

_____________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Maret 13, 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Yg soket halogen drmn taunya kang?

  2. YAMAHA SEMAKIN DIHATI….

  3. fungsi lampu senja buat apaan ya? mengingat sekarang sudah standarisasi AHO..jd headlights sudah mencukupi.

    • nah itu kalo di mx king sebagai pemanis karena terpisah memang pas.. kalo tanpa king yg menyatu dg reflektor headlamp.. fungsi nya kok g ada

  4. sipp tengkyu link back nya

  1. Ping-balik: Yamaha MX King 150 & Jupiter MX 150 : Fitur, Varian Warna, Harga hingga Perbedaannya,… | KOMSTIR

  2. Ping-balik: Yamaha MX King 150 & Jupiter MX 150 : Fitur, Varian Warna, Harga hingga Perbedaannya,.. | Bikershoot.com

  3. Ping-balik: Detail MID (Multi Information Display) Yamaha MX King 150, Cekidot Bro…… [Penjelasan Lengkap] | fncounter.com

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: