Iklan

Ducati GP15, Perubahan Model Deltabox Disinyalir Salah Satu Faktor Utama Kepercayaan Diri Pembalap

gp15_new deltabox

Apa yang dirasakan pembalap tidak bisa dipaksakan untuk mengendarai motor tunggangannya. Itulah mengapa ditahun sebelumnya, Ducati gagal memaksimalkan kemampuan pembalapnya untuk mendulang kesuksesan lebih cepat. Padahal, jajaran pembalap yang diproyeksikan akan sukses bersama ducati bukan pembalap yang asal-asalan.

Sebut saja, Capirossi, Hayden, Rossi, Crutchlow, Dovizioso. Kesemuanya mengalami masa keterpurukan Ducati, bahkan Casey Stoner hanya mampu unjuk gigi ditahun 2007 namun selebihnya tenggelam bersama kemampuannya. Apa yang salah? Semua membalap menuding bahkan motor lah yang tidak nyaman untuk dikendarai.

gp15_compare_03

Dari banyak keluhan. Understeer, oversteer, grip dan sebagainya telah disampaikan namun terbukti nihil. Ditangan Gigi, dia diberikan otoritas membuat inovasi pada Ducati Desmosedici untuk bisa menjadi motor yang nyaman untuk dikendarai pembalapnya dan sepertinya tahun 2015, Ducati akan mewujudkan impian para penggemarnya.

Setelah perubahan total pada mesin, diketahui secara jelas bahwa GP15 mendapat pembaruan di sektor deltabox. Sektor ini cukup penting bagi pembalap dari segi handling motor untuk membuat pembalap lebih PeDe melibas tikungan dengan cepat. Dibandingkan GP14 tahun lalu, brosis bisa melihat model deltabox GP15 dibuat lebih landai jika sudut dihitung dari tegak lurusnya kemudi / stir.

Desain ini fnc sinyalir membuat pusat beban menjadi seimbang antara bagian depan dan belakang motor. Terpusatkan beban ditengah membuat handling GP15 lebih ringan ketimbang GP14 ataupun versi sebelumnya. Tak hanya itu, desain deltabox GP15 yang mirip dengan Yamaha M1 ini membuat ducati mampu mengurangi resiko understeer saat harus dihadapkan pada banyak sirkuit yang harus ditakhlukkan. Hmm semakin penasaran nih dengan progress GP15, kita tunggu bersama di pembukaan motogp seri Losail nanti. (fnc)

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Februari 18, 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. nice kang ulasannya..ada benarnya juga perupahan sasis tersebut, bahkan gigi pernah bbilang dia ingin keseimbang ada di tengah agar handling lebih stabil….gp 14.3 aja lumayan cepat, semoga ini sesuai harapan..rossi aja sampai warning sama perubahan ducati…

  2. kok aku liatnya desain deltabox bernomor 04 (dovi) malah cenderung lebih tegak kaya RC213V MM93, dibanding (bekasnya) tunggangan CC35 ya? selain itu konsekuensinya keliatan panjang swing arm sedikit bertambah (bisa diliat dari jarak sproket belakang 04 lebih jauh dibanding 35 diukur dari poros sumbu pangkal swing arm).

    • yup, landai yang saya maksud jika diukur dari setang kemudi cenderung lebih tegak. Tepat sekali mirip deltabox RC213V

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: