Iklan

How to remove iStartSurf.com Adware, Finally Removed on My Browser

istartsurf-adware

Dalam dunia online, tak sedikit pihak menghalalkan segala cara untuk berpromosi ria. Bukan bermaksud jelek memang, namun jika iklan yang ditampilkan begitu menggganggu pengguna/user dalam hal ini pengguna internet pribadi maka tentunya cara promosi tersebut tak bisa dibenarkan.

Berhubungan dengan iklan namun mengganggu dikarenakan iklan tersebut keluar tanpa dikehendaki pada browser kita baik Internet explorer, Mozilla ataupun Chrome wajar saja kita tiba-tiba menjadi jengkel karena ulahnya. Iklan mengganggu seperti ini disebut juga Adware. Nah, sudah 2 hari ini browser mozilla firefox di laptop fnc diserang adware “istartsurf”, adware istartsurf ini memaksa menjadikan settingan homepage permanen yang akan muncul otomatis saat membuka browser.

Entah karena meng-install aplikasi yang kemungkinan menyertakan adware istartsurf didalamnya, sayangnya aplikasi tersebut pun tak bisa dideteksi. Mencoba mencari di mbah google sana-sini, ketemu juga forum yang membahas adware menyebalkan ini, namun dari banyak kasus adware istartsurf bisa dihapus secara langsung dari control panel atau add-ons browser masing-masing. Sayang, kesemua referensi tak memecahkan problem adware istartsurf yang fnc temui ini.

So, target utama adalah aplikasi terbaru yang terinstall 2 hari lalu harus dihapus terlebih dahulu, apalagi yang memang tidak dikenal user, entah menginstall otomatis saat menjelajah online. Cara ini tak ber-efek apa-apa. Cara lain fnc coba telusuri istartsurf pada control panel dengan bermaksud meng-hapusnya, namun obyek yang dicari tidak ada. Mencoba cara lain dengan mengakses about:config pada mozilla dan mereset default homepage juga tak memberikan efek apa-apa. Begitu juga saat menelusuri add-ons asing yang mungkin terpasang, hasilnya juga nihil.

Beberapa referensi malah menganjurkan menginstall apliaksi pembersih adware, namun bagi fnc juga beresiko terpasangnya adware, malware atau spyware lainnya di laptop so cara ini tidak fnc gunakan sama sekali. Terakhir bagi fnc, harus memanipulasi configurasi regedit. Saat ditelusuri di menu mozilla pun istartsurf tidak terlihat. Mencoba sabar menelusuri satu demi satu folder, ketemu nih folder bawaan aplikasi yang tidak umum, saat fnc coba mengaksesnya, value data dari folder tersebut tercantum istartsurf, nah ini dia si adware menjengkelkan. So, langsung fnc eksekusi dengan menghapus foldernya sekaligus, dan homepage mozilla di laptop pun tak lagi fnc temui adware “istartsurf” tersebut.

Berikut Caranya (referensi sesuai dengan problem pada laptop fncounter.com):

1. Akses regedit, buka aplikasi RUN caranya tekan bersamaan tombol ‘windows’+R. Kemudian ketik regedit pada kolom isian..

run app

2. Pada form Regedit (Registry Editor) akan terdapat  4 pilihan menu, Pilih HKEY_CURRENT_USER

regedit

3. Setelah HKEY_CURRENT_USER, pilih Software. Telusuri folder aplikasi bernama SupHpUISoft, jika ketemu maka brosis bisa lihat settingan url yang mengarahkan pada adware istartsurf.

istart detected

4.  Klik Kanan pada folder SupHpUISoft dan pilih hapus (Delete). Setelah itu tutup regedit dan restart laptop/komputernya.

5. Buka kembali browser Mozilla Firefox, homepage istartsurf tak lagi muncul mengganggu.

 

Referensi lain terkait adware istartsurf disini

_______________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on September 17, 2014, in Techno and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: