Iklan

Kenali Fungsi Tutup Pentil Ban Pada Kendaraan !!

Tutup Pentil Ban, Bahan Plastik

Tutup Pentil Ban, Bahan Plastik

Banyak yang menyepelekan fungsi penting dari sebuah barang kecil. Contohnya valve cap atau biasa disebut dengan tutup pentil ban. Barang ini begitu disepelekan keberadaannya oleh kebanyakan pemilik kendaraan, terutama yang tidak memahami kenyamanan dan keselamatan berkendara. Jika dipahami lebih baik tentang fungsinya maka tutup penting ini memiliki segudang peran penting loh brosis. Beberapa fungsi tutup pentil ban diantaranya….

Pertama, mencegah udara dalam ban tak keluar melalui celah kecil katup pentil ban. Yup, meskipun terasa tak ada kebocoran, namun dalam kenyataannya udara tetap saja bisa keluar melalui celah-celah sempit alias ‘bocor alus’ istilahnya. Nah, dengan adanya tutup pentil ban ini hal tersebut bisa dihindarkan.

Kedua, tutup pentil ban berfungsi mencegah kotoran masuk ke dalam area pentil. Kotoran yang berasal dari debu, air atau minyak bisa merusak seal (katup) pentil sehingga jika terjadi korosi makan akan menyebabkan tekanan air didalam ban pun bocor keluar.

Ketiga, sebagai fungsi dekoratif. Banyak kalangan muda yang biasa mengganti tutup pentil ban standar dengan model variasi. Seperti model bola, rudal, boneka, dadu dan sebagainya.

Tutup Pentil Ban, Bahan Metal

Tutup Pentil Ban, Bahan Metal

Mengutip dari penjelasan POLRI, menurut jenisnnya tutup pentil ban pun beragam. Yang paling sering kita jumpai adalah tutup pentil ban berbahan plastik. Jenis ini yang sering ditemui karena juga merupakan bawaan dari pabrikan kendaraan sebagian besar di indonesia. Namun sayangnya model plastik ini memiliki potensi rusak (aus) dalam waktu tertentu seiring lamanya penggunaan.

Jenis kedua adalah tutup pentil ban dengan bahan logam (metal). Bodi tutup pentil yang terbuat dari logam ini dilengkapi pula dengan seal karet didalamnya untuk menutup rapat lubang masuk udara di pentil ban. tutup pentil ban jenis ini memiliki fungsi lebih baik dengan durabilitas yang lebih lama, model ini yang juga fnc pakai. Nah bagaimana dengan brosis sekalian? Sudahkan kendaraan anda menggunakan tutup pentil ban saat ini? (fnc)

_________________

Related Post :

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Agustus 7, 2014, in Coretan, Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: