Iklan

Hati-hati Wabah “Tomcat” !!

Suatu wabah memang patut diwaspadai, mengingat wabah identik dengan suatu hal yang musiman. Artinya apa? Bisa jadi wabah yang saat ini hanya berada pada satu wilayah bisa mendampak meluas ke wilayah yang lainnya. So, perlu adanya pengetahuan yang lebih lengkap sehingga dapat melakukan pencegahan.

Baru-baru ini terdapat berita pada sebuah stasiun swasta tentang serangan Tomcat (atau Kumbang Rove) dengan nama latin coleoptera staphylinidae. Beberapa waktu lalu sempat menyerang beberapa wilayah antara lain surabaya (jawa timur) dan tasikmalaya (jawa barat). Cara penyerangan dari serangga yang satu ini kebanyakan dilakukan pada malam hari.

Tomcat menyerang tak pandang bulu baik dewasa dan anak2 sudah ada yang menjadi korban. Salah satu keluhan adalah kulit mereka melepuh, gatal, bahkan ada yang sampai mengeluarkan nanah. Hal ini dikarenakan saat dihinggapi serangga ini tak banyak yang tahu cara mengusirnya. Bila mengusir seperti menyusik nyamuk yaitu dipukul dengan tangan maka serangga ini akan bereaksi mengeluarkan mengeluarkan cairan payderin sehingga menyebabkan kulit manusia melepuh.

Nah cara aman untuk menghindari serangan serangga ini saat menghinggapi anda maka cukup dengan ditiup atau dipindahkan dengan media lain seperti kertas. Jangan memakai tangan.

Sebenarnya ini bukan merupakan serangan baru, mengingat di malaysia, jepang dan irak pernah mengalami wabah tomcat ini juga. Bahkan, serangga ini pernah menyerang tentara amrik yang bertugas di irak.

Tomcat berkembang biak di dalam tanah yang lembab sehingga lebih sensitif terhadap cahaya. Hewan ini sebenarnya bukan selalu merugikan karena merupakan sahabat bagi para petani karena membantu mengendalikan hama predator wereng cokelat di sawah pada siang hari. So,  bila msbro/sis semua ada yang melihat hama Tomcat ini monggo segera dilaporkan ke pihak desa sehingga bisa diurus pembasmiannya. (fnc)

Iklan

About motomaxone.com

Just a Simple Life

Posted on Maret 22, 2012, in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. nanti kalau dibasmi apa tidak berbahaya? bisa-bisa menyebabkan lonjakkan populasi hama wereng, mengingat hama ini adalah predator wereng coklat.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: